Berita





OMB Siapkan Mahasiswa Baru menuju Dunia Perkuliahan

Serpong – Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) hari kedua yang dilaksanakan pada Rabu, 15 Agustus 2018. Acara dibuka oleh Anastasia Joveta selaku ketua OMB UMN 2018 yang memberikan motivasi dan inspirasi kepada peserta OMB.

“Saya mengapresiasi teman-teman karena sudah lebih semangat dari kemarin. Pendewasaan bukan cuman karena usia maupun berada di jenjang yang berbeda, tapi harus disertai dengan attitude dan sopan santun. Buktikan bahwa kalian merupakan pribadi yang dewasa dengan sikap yang kalian cerminkan,” ujar Jove.

Dalam kesempatan ini, Duta Anti Narkoba UMN 2017 Bella Viona Casufrilla dan Agnes Tahir Purba mengimbau agar seluruh keluarga besar UMN berpartisipasi untuk memerangi narkoba. Mereka juga menekankan bahwa UMN telah melakukan deklarasi sebagai kampus anti terhadap penyalahgunaan narkoba.

Selain itu, Christian Harsono selaku ketua Unit Rencang turut hadir untuk mengapresiasi seluruh peserta yang telah ikut serta mengumpulkan kotak makan kosong. Kotak makan ini nantinya akan diberikan kepada siswa yang bersekolah di SD Bojong Nangka, Tangerang. dengan harapan mereka dapat lebih sering membawa bekal dari rumah daripada membeli jajanan.

Melanjutkan hari pertama, kegiatan OMB dimulai dengan episentrum 5 yang bernama “Bangun Solidaritas.” Acara ini mengajak para peserta untuk menukarkan kartu nama mereka satu sama lain, meminta tanda tangan kepada panitia, dan membacakan surat cinta dari peserta untuk panitia.

Acara dilanjutkan dengan episentrum 4 yakni “Ruang Ekspresi” yang diselenggarakan pada 4 tempat besar yaitu Function Hall (FH), Lobby B, Gedung C, dan Lobby D. Setiap tempat menyediakan konten yang berbeda berupa studi interaktif meliputi “Penunggang Waktu” di Function Hall, “Ikatan Bangsa” di Lobby B, “Nampak Nyata dan Menuang Asa” di Gedung C, dan “Tau Taat Siap” di Lobby D.

Dalam tiap-tiap ruang ekspresi, setiap kelompok berlomba untuk mendapatkan poin yang disimbolkan dengan tutup botol. Kelompok yang memperoleh tutup botol terbanyak akan terpilih menjadi kelompok terbaik.

Setiap studi interaktif yang dikemas dalam ruang ekspresi akan menguji pengetahuan mereka tentang UMN, peta dan budaya Indonesia, serta kemandirian dalam mengatur waktu. Selain itu, nilai lain yang ingin dikenalkan adalah nilai 5C (Caring, Credible, Competent, Competitive, dan Costumer delight) Kompas Gramedia. Dalam ruang ekspresi juga menekankan nilai toleransi, menghargai sesama, anti narkoba, dan anti korupsi. Melalui episentrum 4 ini, kerja sama antar peserta semakin diasah.

Rangkaian acara selanjutnya ialah episentrum 3 yaitu “Aktivitas Angkatan”. Kali ini, peserta membuat suatu karya yang dibuat oleh 63 kelompok besar. Setiap kelompok dapat membeli bahan untuk membuat karya khas nusantara dengan sistem pasar yang sudah diterapkan dari episentrum 4. Kelompok dapat membeli bahan dengan poin yang mereka kumpulkan di ruang ekspresi. Kegiatan ini melatih peserta agar dapat mengelola keuangan secara mandiri di dunia perkuliahan.

Kegiatan dilanjutkan dengan kontribusi angkatan merupakan episentrum 2 dari rangkaian acara OMB yang diisi dengan Janji Mahasiswa dan dipimpin oleh Jove. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pengumandangan salam UMN dan OMB yang semakin membawa peserta pada kecintaannya terhadap kampus.

Setelah melewati serangkaian acara dari episentrum 8 hingga episentrum 2, peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa baru disambut oleh panitia dalam episentrum 1 yakini “Inagurasi”. Seluruh panitia berkontribusi untuk menyambut mahasiswa baru dengan tangan terbuka. Dibagikannya Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) menjadi tanda bahwa mereka telah resmi menjadi salah satu bagian dari keluarga besar Universitas Multimedia Nusantara.

Amalia dari program studi ilmu komunikasi yang merupakan salah satu peserta OMB dari kelompok kemukus mengatakan, “Hari pertama memang aku masih malu-malu karena belum saling mengenal satu sama lain. Namun saat di akhir acara hari pertama dan hari kedua OMB, teman-teman lain menjadi sangat kompak dan kompetitif dalam hal yang positif. Alhasil studi interaktif edukatif yang sudah dipersiapkan oleh panitia menjadi lebih seru dari bisanya.”

Tiap tahunnya, OMB UMN selalu meninggalkan kesan dan kenangan yang akan selalu dirindukan mahasiswa baru. Keluarga besar UMN ingin mengenalkan mahasiswanya dengan dunia perkuliahan dengan nilai-nilai pendewasaan agar mampu berkarya bagi almamater, persada, dan sesama.



kembali